Jumat, 21 November 2014

Jenis Stroke

Stroke pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

1.Stroke Iskemik
Stroke jenis ini terjadi jika aliran darah ke otak terhenti karena aterosklerosis (penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah ) atau bekuan darah yang telah menyumbat suatu pembuluh darah ke otak sehingga pasokan darah ke otak terganggu. Hampir sebagian besar atau sebesar 83% mengalami stroke jennis ini.


Pada dasarnya stroke iskemik disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

  • Atorema (endapan lemak) yaitu penyumbatan yang bisa terjadi di sepanjang arteri menuju otak. Penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalurpembuluh darah arteri yang menuju ke otak, yaitu pada dua arteri karotis interna dan dua arteri vertebralis.
  • Peradangan atau infeksi yang dapat menyebabkan menyempitnya pembuluh darah yang menuju ke otak.
  • Obat-obatan, seperti kokain dan amfetamin, juga bisa mempersempit pembuluh darah ke otak.
  • Penurunan darah yang tiba-tiba sehingga menghambat aliran darah ke otak. Hal ini sering terjadi pada orang yang banyak kehilangan darah sangat banyak karena cidera atau pembedahan.
  • Emboli, yaitu endapan lemak yang terlepas dari dinding arteri dan terbawah aliran darah lalu menyumbat arteri yang lebih kecil.

Ada dua jenis strok iskemik yang banyak terjadi, yaitu sebagai berikut :

  1. Thrombotic stroke, yaitu gumpalan darah (thrombus) terbentuk dalam satu arteri yang menyuplai darah ke otak .
  2. Embolic stroke, terjadi ketika gumpalan darah atau paertikel lain yang terbentuk di luar otak, biasanya di dalam jantung terbawa aliran  darah, dan mempersempit pembuluh darah.Strok jenis ini biasanya terjadi mendadak dan penderitanya berusia muda.


2. Stroke Hemorragik
jenis strok hemorragik terjadi jika pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke suatu daerah di otak dan merusaknya. Hampir  70% stroke hemorragik terjadi pada penderita hipertensi.

3. Stroke Ringan ( Transiet Ischemik Attack/ TIA)
Sebenarnya, TIA termasuk dalam stroke iskemik. Gejala-gejala TIA cepat datang, hanya beberapa menit dampai beberapa hari, Stroke jenis ini di sebut juga mini stroke karena masih dalam kategori warning. Karena sifat serangannya yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat hilang. Meskipun masih ringan, jika diabaikan bukan berarti TIA akan berubah menjadi parah dan berat. 

0 komentar:

Posting Komentar